MAKALAH PENDIDIKAN KESEHATAN - PUSAT MAKALAH

on

MAKALAH PENDIDIKAN KESEHATAN


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Pendidikan kesehatan sekolah adalah suatu proses pelayanan kesehatan disekolah melalui pendidikan. Pendidikan kesehatan itu sendiri adalah suatu proses bimbingan kesehatan. Tujuan umum pendidikan kesehatan sekolah adalah meningkatkan kemampuan hidup sehat.Dan tujuan khusus dari pendidikan kesehatan sekolah itu adalah yang pertama agar peserta didik memiliki pengetahuan,sikap dan keterampilan untuk berperilaku hidup sehat,yang kedua adalah agar peserta didik sehat rohani,jasmani dan sosialnya,yang ketiga adalah agar peserta didik memiliki daya tangkal terhadap pengaruh lingkungan buruk.
Pelaksanaan pendidikan kesehatan sekolah adalah yang pertama melalui intrakulikuler,yang kedua melalui kokulikuler dan yag ketiga adalah melalui ekstrakulikuler.




BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Sehat dan Sakit
Berikut beberapa pengertian sehat dan sakit :

  1. Pengertian sehat menurut UU N0. 23/1992 tentang kesehatan : Sehat / kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
  2. Pengertian sehat menurut WHO, 1947 : Sehat adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.
  3. Pengertian sehat menurut Paune, 1983 : sehat adaalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (self care Resouces) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri ( self care actions) secara adekuat. Self care Resouces : mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Self care Actions merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual.
  4. Pengertian sehat menurut Pender, 1982 : Sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain (aktualisasi). Perilaku yang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas struktural.
  5. Pengertian sakit menurut Oxford English Dictionary : Sakit sebagai suatu keadaan dari badan atau sebagian dari organ badan dimana fungsinya terganggu atau menyimpang.
  6. Pengertian sakit menurut Pemons, 1972 : sakit adalah gangguan dalam fungsi normal individu sebagai totalitas termasuk keadaan organisme sebagai sistem biologis dan penyesuaian sosialnya.
  7. Pengertian sakit menurut Perkins : Sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.
Dari pernyataan-pernyataan diatas dapat saya deskripsikan bahwa sehat adalah suatu keadaan atau kondisi seutuhnya dalam keadan sebaik-baiknya yang meliputi 3 hal yaitu: jasmani,rohani dan sosial.Dan sakit adalah suatu keadaan atau kondisi yang tidak dalam baik seutuhnya baik itu rohani,jasmani dan sosial sehingga menimbulkan gangguan-gangguan dalam aktivitas seseorang.

B. Kesehatan Pribadi
Saya mendeskripsikan Kesehatan pribadi adalah segala usaha pribadi seseorang untuk menjaga,memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan pribadinya agar tetap selalu sehat jasmani ,rohani dan sosialnya agar bisa menjalankan segala aktivitasnya sehari-hari dengan maksimal.
Kesehatan pribadi itu sendiri meliputi kulit,kuku,mata,rambut,telinga,hidung,mulut dan gigi,pemeliharaan pakaian dan kebersihan rumah.
Berikut akan saya deskripsikan kesehatan pribadi itu secara terperinci:

1. Kulit
Kulit adalah organ yang melindungi dan menutupi permukaan tubuh yang terdiri dari .lapisan epidermis (kulit ari) ,lapisan dermis dan hipodermis.
Fungsi kulit adalah sebagai estetika penampilan, pelindung tubuh, peraba, mengatur suhu tubuh yakni dengan pengeluaran keringat (eksresi), tempat pembentukan vitamin D, tempat penimbun lemak dan untuk , melindungi tubuh atau jaringan yang ada dibawah kulit itu sendiri.

Cara perawatan kulit diantaranya :
a) Mandi minimal 2 kali sehari.Lakukanlah dengan membersihkan keseluruhan badan karena terkadang kita sering mandi dengan terburu-buru sehingga seluruh badan kita tidak bersih seutuhnya.
b) kita berpergian keluar rumah maka jangan lupa untuk memakai sunblock protective supaya kulit kita tidak terbakar dan menjadi hitam dan kering.Dan jika kita berada diruang ber AC jangan lupa menggunak pelembab atau bodilotion agar kulit tidak kering.
c) jangan lupa pula bahwa kita harus memprhatikan pola makan dan minum kita karena itu juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita.

2. Kuku
Kuku adalah bagian dari tubuh kita yang menempel pada jari-jari tangan dan kaki.Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati,mengeras dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari
Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf serta mempertinggi daya sentuh.Fungsi lainnya adalah untuk estetika atau memepercantik dan lain-lain.
Perwatan kuku cukup mudah yaitu dengan memotong kuku minimal seminggu sekali dan membersihkannya jika kotor.

3. Mata
Mata adalah organ penglihatan yang menditeksi cahaya.mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.
Fungsi mata diantaranya adalah untuk alat penglihatan, membantu tugas alat keseimbangan,memeberikan keindahan dan membantu dalam menetapkan.
Berikut cara perawatan mata itu sendiri:
a. Jangan mengucek mata terlalu kuat terutama bila ada benda asing yang masuk ke mata,
b. jangan menatap layar komputer atau televisi secara terus menerus dan terlalu dekat .
c. penuhi kebutuhan vitamin A,
d. lakukanlah latihan rutin gerakan bola mata setiap hari untuk otot-otot penggerak mata dan daya akomodasi mata.
e. membaca sebaiknya pada posisi duduk yang rileks.

4. Rambut
Rambut berfungsi untuk melindungi kulit kepala dan memberikan keindahan atau estetika.
Perawatan rambut ini cukup mudah yaitu dengan membersihkan rambut secara teratur,pilihlah sampo yang tepat dan menggunak sisir yang bergigi renggang,menggunting rambut secara teratur,mengkonsumsi makanan bergizi karean makanan juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut kita,jauhi sinar matahari langsung dengan cara menggunakan topi,kenakan penutup rambut saat berenang dan keringkan dengan hati-hati jika kita selesai mandi atau keramas.

5. Telinga
Telinga merupakan sebuah organ yang mampu menditeksi atau mengenal suara dan juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh.
Kesehatan atau kebersihan telinga penting untuk dijaga,diantara dengan membersihkan dengna cotton bud tapi jangan terlalu sering.bersihkan dengan air atau sabun sebab telingsn dengan sendirinya akan mendorong kotoran keluar.selain itu anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk melunakkan kotoran yang berada dalam telinga.satu hali lagi bahwa jangan menggaruk telinga ketika terasa gatal.jangan terlaul sering mendengar musik dengan keras secara terus menerus karena itu dapat merusak sel –sel rambut akibatnya pendengaran anda lama-kelamaan berkurang.

6. Hidung
Hidung adalah organ tubuh yang berfungsi sebagai alat penciuman dan pernapasan. Hidung sebagai alat pengecap cita rasa bau bauan, alat pernafasan sangat penting dalam rangka pengembalian dan pengeluaran udara. Udara luar mengendung O2 dan udara paru paru     mengandung CO2. Selain itu, di hidung kita terdapat rambut-rambut yang berfungsi sebagai saringan udara. Segala jenis kotoran yang menyatu dengan udara dan akan masuk kedalam hidung akan menempel pada rambut tersebut.Hidung kotor dan tidak sering dibersihakan , make pengembalian dan pengeluaran udera sangat terganggu.
Perawatan hidung cukup mudah yaitu membersihkan hidung dengan air, menggunakan masker jika anda berada dilingkungan berdebu ataupun lingkungan yang berbau tajam atau menyengat hidung.

7. Mulut dan Gigi
Mulut dan gigi adalah satu kesatuan organ tubuh yang saling membutuhkan dan untuk berbicara,mengunyah (makan dan minum) dan estetika
Perawatan mulut dan gigi adalah dengan menggosok gigi sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

8. Pemeliharaan Pakaian
Pemeliharan ini juga sangat penting karena pakaian yang kita kenakan mempengaruhi kesehatan kita.Pakaian yang kita gunakan haruslah bersih dari kuman.Agar pakaian kita bersih maka kita harus mencuci pakain kita jika telah kotor dengan deterjen dan air yang bersih pula.Pakaian tak hanya dicuci tapi sebaiknya pakaian yang telah kering kita setrika agar kuman atau bakteri yang terdapat pada baju kita mati.

Kegunaan pakaian diantaranya sebagai berikut:
a. Melindungi kulit dari kotoran,sengatan matahari,hawa dingin,
b. Untuk norma kesusilaan atau keindahan
c. Mengatur suhu tubuh
d. Mencegah bibit penyakit yang masuk.
C. Makanan dan Minuman Sehat

Manusia sangat membutuhkan yang namanya makanan dan minuman tapi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan manusia secara optimal maka manusia membutuhkan makanan dan minuman yang sehat.Apakah makanan dan minuman yang sehat itu?
Makanan dan minuman yang sehat itu adalah makan yang mengandung triguna makan dan minum. Apakah makanan dan minuman yang mengandung triguna itu? Makanan dan minuman triguna itu adalah makanan yang mengandugn zat pembangun,zat pengatur dan zat tenaga.

Menurut ahli gizi, makanan yang sehat adalah makanan bergizi terdapat pada makanan pokok, sayur, lauk, dan buah. Makanan pokok merupakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat atau zat tepung seperti nasi, singkong, sagu, dan jagung. Karbohidrat merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energy. Dengan mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Oleh karena itu, asupan karbohidrat sangat penting untuk memiliki tubuh yang selalu bertenaga. Selain makanan pokok, lauk pauk juga merupakan salah satu makanan sehat yang diperlukan oleh tubuh. Lauk pauk terdiri dari ikan, ayam, daging, tempe, tahu, telur, dan lain-lain. Makanan ini banyak mengandung lemak dan protein yang berfungsi untuk mengganti sel – sel tubuh yang rusak dan membangun tubuh. Tetapi mengkonsumsi makanan berlemak yang berlebihan juga tidak dianjurkan karena lemak yang berlebih akan menyebabkan kegemukan. Selain itu anda juga perlu untuk memilih lauk pauk yang masih bebas dari berbagai zat kimia.

Sayur dan buah – buahan juga tidak kalah pentingnya bagi tubuh. Ini merupakan makanan sehat yang banyak mengandung mineral dan vitamin. Vitamin dan mineral merupakan unsur yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Ada banyak sekali macam sayuran yang ada di sekitar anda seperti kangkung, bayam, wortel, dan lain – lain. Selain itu, buah juga memiliki jenis yang bermacam – macam seperti mangga pisang, papaya, dan jeruk. Oleh karena itu, manusia perlu mengkonsumsi buah dan sayuran yang cukup. Sekarang, anda mugkin sudah sedikit memahami tentang pengetian makanan dan minuman sehat.

Minuman yang sehat adalah minuman yang memiliki kandungan oksigen yang tinggi yaitu air putih. Air putih merupakan minuman sehat yang sangat dianjurkan. Minum air putih yang memiliki kandungan oksigen yang tinggi dapat membuat tubuh menjadi segar. Oleh karena itu, orang – orang dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari supaya tubuh tidak kekurangan cair atau dehidrasi sehingga semua organ tubuh dapat berjalan dengan normal.

D. Kesehatan Lingkungan
Kesehatan lingkungan sangat penting untuk selalu terjaga karena ini akan mempengaruhi mahkluk-mahkluk yang mendiami atau yang bertempat atau berdiam disekitar lingkungan itu sendiri.Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang keadaan lingkungannya seperti air,udara,tanah terjaga seutuhnya tanpa tercemar hal-hal yang merugikan kesehatan mahkluk-mahkluk yang berada disekitar lingkungan tersebut.

Tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan dapat dibagi menjadi dua, secara umum dan secara khusus. 
Tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan secara umum, antara lain:
  1. Melakukan koreksi atau perbaikan terhadap segala bahaya dan ancaman pada kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.
  2. Melakukan usaha pencegahan dengan cara mengatur sumber-sumber lingkungan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.
  3. Melakukan kerja sama dan menerapkan program terpadu di antara masyarakat dan institusi pemerintah serta lembaga nonpemerintah dalam menghadapi bencana alam atau wabah penyakit menular.
Adapun tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan secara khusus meliputi usaha-usaha perbaikan atau pengendalian terhadap lingkungan hidup manusia, yang di antaranya berupa:

  1. Menyediakan air bersih yang cukup dan memenuhi persyaratan kesehatan.
  2. Makanan dan minuman yang diproduksi dalam skala besar dan dikonsumsi secara luas oleh masyarakat.
  3. Pencemaran udara akibat sisa pembakaran BBM, batubara, kebakaran hutan, dan gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan dan makhluk hidup lain dan menjadi penyebab terjadinya perubahan ekosistem.
  4. Limbah cair dan padat yang berasal dari rumah tangga, pertanian, peternakan, industri, rumah sakit, dan lain-lain.
  5. Kontrol terhadap arthropoda dan rodent yang menjadi vektor penyakit dan cara memutuskan rantai penularan penyakitnya.
  6. Perumahan dan bangunan yang layak huni dan memenuhi syarat kesehatan.
  7. Kebisingan, radiasi, dan kesehatan kerja.
  8. Survei sanitasi untuk perencanaan, pemantauan, dan evaluasi program kesehatan lingkungan
Suatu lingkungan sehat jika : a) Air yang digunakan tidak tercemar dalam arti bahwa air ini jernih dan tidak berbau. b) Tanah yang sehat,dalam hal ini tanah yang bisa digunakan untuk menanam suatu tumbuhan dan bisa diartikan tanah ini subur dan tidak tercemar oleh zat-zat logam berat. c)  Udara, udara yang sehat adalah udara yang bebas dari polusi atau tidak tercemar karbondioksida karena udara yang sehat adalah udara yang mengandung oksigen.

Banyak yang bisa lakukan agar lingkungan kita tetap terjaga keasriannya diantaranya: a) dengan menanam pohon-pohon atau tumbuh-tumbuhan dilahan yang kosong, b)  membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah organik dan non organik dan bila perlu sampah-sampah yang telah dibuang bisa diolah kembali agar menjadi barang yang bernilai atau berharga.

E. Pencegahan Penyakit
Pencegahan penyakit sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Sebaiknya, kegiatan ini  diterapkan sejak dini atau saat tubuh masih sehat sehingga penyakit enggan menjangkiti tubuh kita.kesehatan tubuhpun terjaga.

Dengan tubuh yang sehat dan prima,kita dapt beraktifitas dengan aman dan nyaman.Berikut pola-pola dan tips-tips agar tubuh tidak gampang terserang penyakit :
1.      Pola makan yang seimbang kandungan gizinya. Pola food combaining sangat efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit.
Pola olah raga yang teratur sesuai berat badan dan jenjang usia. Yoga sangat disarankan bagi orang-orang yang berusia di atas 30 tahun. 
Pola pikiran positif (manejemen pikiran) agar terhindar dari stress.
Pola hidup yang sehat dan seimbang.
Pola istirahat yang cukup.
Pola bernapas dalam yang benar dan teratur.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan 
            Inilah yang hanya dapat saya diskripsikan beberapa hal mengenai materi-materi mata kuliah Pendidikan Kesehatan Jasmani. Mohon maaf karena dalam penulisan dan materi-materi yang telah saya deskripsikan masih terdapat kesalahan dan kekurangan dan semoga juga apa yang saya paparkan bermanfaat untuk para pembaca.
           

0 komentar:

Post a Comment