MAKALAH MAKANAN - PUSAT MAKALAH

on
Pusat makalah
Contoh makalah
Makalah lengkap


MAKALAH MAKANAN



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Makanan yang kita konsumsi menyediakan bahan baku dan energi untuk pergrakan sistem didalam tubuh yang sangat kompleks,pertumbuhan terus menerus,serta perbaikan dalam regenerasi sel. Setiap hari, tubuh kita sibuk  membuang sel-sel yang telah tua,rusak,ataupun mati,serta dengan se-sel yang baru dan sehat.
Untuk memelihara tubuh agar tetap sehat, kita perlu makan makanan yang menyediakan energi dari bahan baku sebaik mungkin. Makanan ini kita sebut sebagai “Makanan Berkhasiat”. Selain itu juga,kita juga perlu menghindari makanan yang dapat mengganggu proses-proses di atas atau dapat merugikan kita.



BAB II
PEMBAHASAN
A. Fungsi Makanan
PARA ahli gizi mengatakan, "We are what we eat" (tubuh kita terdiri atas apa yang kita makan). Jika makanan kita cukup bergizi, maka tubuh kita sehat.
Ada beberapa fungsi makanan yang perlu diperhatikan yaitu sebagai sumber tenaga, untuk menghangatkan dan menguatkan tubuh, mengganti bagian-bagian sel tubuh yang sudah rusak atau aus. Oleh karena itu, peran makanan bergizi menjadi sangat berarti bagi kebutuhan tubuh.
Ada beberapa etabo makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia, yaitu: Protein untuk pertumbuhan, mengganti atau memperbaiki sel-sel yang aus dan rusak serta mendukung ketahanannya. Ada protein hewani ada protein nabati. Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber tenaga. Lemak diperlukan tubuh sebagai penghangat dan pelindung organ penting seperti paru-paru, jantung dan hati.
Mineral untuk memperkuat tubuh, menolong pembekuan darah, membentuk haemoglobin dan mengatur etabolism tubuh. Vitamin untuk kesehatan urat saraf, mencegah pendarahan, meningkatkan pertumbuhan, kesehatan gigi, dan mencegah infeksi. Enzim. Tubuh sudah menyediakan enzim namun masih memerlukan enzim dari makanan. Enzim sangat berguna untuk manusia berusia lanjut . Dr. Edward Howell, pakar nutrisi dari Amerika menyebutkan, enzim adalah satu-satunya pekerja yang membangun tubuh. Air diperlukan untuk proses sistim tubuh.
Agar tubuh tetap fit di bulan Ramadan, berbuka dan sahur dengan makanan cukup gizi, perbanyak makan buah dan sayuran segar untuk memenuhi kebutuhan enzim dan vitaman,minum air putih cukup banyak agar etabolism tubuh terjaga. Selamat berpuasa, sukses selalu.
Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat tersebut meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Setiap zat tersebut memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber tenaga. Protein berfungsi sebagai zat pembangun dan pengganti sel tubuh yang rusak. Air, mineral, dan vitamin berfungsi sebagi zat pengatur. Setiap hari kita selalu membutuhkan energi atau tenaga untuk melakukan kegiatan. Oleh karena itu, kita harus cukup makan untuk mendapatkan energi. Makanan yang kita makan harus bergizi dan seimbang.

B. Kegunaan Makanan
1.       Makanan Bergizi
Makanan bergizi sebagai sumber energi, bahan pembangun, pelindung tubuh, dan pengatur tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi beberapa fungsi tersebut, kita harus makan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi yaitu makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Adapun zat gizi yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.

Karbohidrat
           

Karbohidrat disebut juga hidrat arang. Karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi tubuh manusia. Makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah beras, jagung, gandum, singkong, kentang, ubi, dan sagu. Karbohidrat berguna untuk menghasilkan kalori sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Fungsi karbohidrat bagi tubuh sebagai berikut :
1). Sebagai sumber tenaga
2). Sebagai makanan cadangan.
3). Untuk mempertahankan suhu tubuh.



2.    Lemak

Di dalam tubuh, lemak merupakan sumber tenaga selain karbohidrat. Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan. Jika persediaan karbohidrat di dalam tubuh kita habis maka lemak digunakan sebagai penggantinya. Berdasarkan sumbernya, lemak dibagi menjadi dua, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati diperoleh dari tumbuhan, seperti kelapa, kacang tanah, kemiri, dan alpukat. Sedangkan lemak hewani berasal dari hewan, misalnya daging, telur, susu, keju, dan mentega.

3. Protein

Protein merupakan zat makanan yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. Selain itu, protein juga berperan dalam penggantian bagian tubuh yang rusak dan membentuk zat kekebalan tubuh. Sama halnya seperti lemak, protein terdiri dari dua macam, yaitu protein nabati dan protein hewani. Sumber protein nabati di antaranya adalah tempe, tahu, kacang-kacangan, dan jamur. Adapun sumber protein hewani adalah daging, ikan, telur, dan susu.
4.     Mineral
Mineral merupakan zat pengatur tubuh. Mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Walaupun tubuh hanya membutuhkan sedikit, kita harus tetap memenuhinya. Jika tubuh kekurangan mineral, kesehatan akan terganggu. Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sebagai berikut :
      a.       Yodium berfungsi untuk perkembangan kecerdasan. Terdapat pada makanan yang merupakan 
             hasil laut dan garam beryodium. Kekurangan yodium menyebabkan penyakit gondok.
b.     Fosfor berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi serta mengatur keseimbangan asam dan               basa dalam tubuh. Terdapat pada : daging, ikan dan telur
      c.       Kalsium (Ca) berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi. Terdapat pada : susu, telur dan buah-
             buahan
d.      Zat besi berfungsi untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. terdapat pada : susu, hati,                    kuning telur dan sayuran berwarna hijau
      e.       Fluorin berfungsi untuk memperkuat gigi. Terdapat pada kuning telur, otak dan susu.
f.       kalium berfungsi untuk mempengaruhi kerja otot jantung. Terdapat pada kacang-kacangan, hati, 
            ikan dan kerang.
g.      Natrium berfungsi mengatur kelancaran kerja otot terutama otot jantung dan mengatur 
            keseimbangan cairan dalam tubuh. Terdapat pada : ikan, pisang, kentang dan sayuran hijau.

5. Vitamin
Vitamin adalah zat makanan yang berfungsi sebagai pengatur dan pelindung tubuh. Vitamin dapat mencegah timbulnya penyakit. Kekurangan vitamin (avitaminosis) dapat mengganggu kesehatan.
Macam - macam vitamin dan kegunaannya bagi tubuh :
     a.       Vitamin A berfungsi untuk mencegah penyakit mata, seperti rabun senja. Vitamin A terdapat               pada : hati, minyak ikan, daging, susu, sayuran dan buah berwarna orange.
     b.      Vitamin B berfungsi untuk mencegah penyakit beri-beri. Vitamin B terdapat pada : kacang hijau,         daging, kulit beras dan sayuran. 
c.       Vitamin C berfungsi untuk mencegah penyakit sariawan. Vitamin C terdapat pada buah-buahan :        jeruk, tomat, pepaya dan sayuran hijau.
d.      Vitamin D berfungsi untuk mencegah penyakit rakhitis (tulang). Vitamin D terdapat pada : susu,          minyak ikan, kuning telur.
e.       Vitamin E berfungsi untuk mencegah kanker paru-paru dan perawatan kulit . Vitamin E terdapat          pada biji-bijian, sayuran, telur, mentega dan susu.
f.       Vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah. Vitamin K terdapat pada : bayam, tomat, dan wortel.

C. Stabilitasi Makanan
Menu Makanan Sehat - Kualitas makanan menjadi salah satu kebutuhan terpenting manusia. Terkadang kebutuhan makan tercukupi hanya sebatas ketika perut telah kenyang, namun tidak memperhatikan sejauh mana kualitas gizi makanan. Tanpa terasa kebutuhan tubuh akan asupan makanan yang baik tidak terpenuhi. Kondisi seperti ini rentan berakibat pada lemahnya kondisi fisik, akhirnya kesehatan dikorbankan sekedar untuk mengisi perut yang sedang kosong. Mungkin untuk dampak jangka pendek belum begitu terasa, namun lambat laun semakin menumpuknya bibit penyakit yang ada pada tubuh dapat berakibat sakit permanen. Hal ini tidak disadari sepenuhnya oleh kebanyakan orang, namun efeknya ketika umur semakin bertambah, tubuh semakin renta, kekebalan tubuhpun semakin menurun, walhasil penyakit bertubi-tubi menyerang bahkan bisa berakibat pada komplikasi. Kondisi seperti ini sering terjadi di tengah-tengah masyarakat dan harusnya menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam memenuhi kebutuhan asupan makanan bagi tubuh.

1. Porsi dan Frekuensi Makan
Menu makanan sehat berkaitan erat dengan porsi makanan dan frekuensi makan, meskipun secara ilmiah tidak ada standar yang mengharuskan kita sebaiknya makan berapa kali dalam sehari. Penetapan 3 kali sehari layaknya apa yang kita ketahui saat ini, merupakan sekedar kebutuhan dunia bisnis supaya para pekerja dapat berisitirahat sambil makan. Pada prinsipnya yang lebih memahami kebutuhan makan adalah pribadi masing-masing. Ketika mengharuskan untuk makan, maka tanpa menunggu waktu makan, kita harus memenuhi kebutuhan itu. Berdasarkan aspek kesehatan, sering makan dengan porsi yang sedikit lebih baik daripada jarang namun langsung dengan porsi yang banyak. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan energi tubuh yang digunakan untuk beraktifitas dalam kesehariannya.

2. Variasi Makanan
Selain itu, menu makanan sehat berhubungan pula dengan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan makanan yang bergizi menjadi prioritas utama untuk menjaga stabilitas kesehatan tubuh, apapun itu makanannya. Asupan makanan yang kita makan minimal harus memenuhi fungsi sebagai sumber energi, pengatur, dan pembangun.
Jenis makanan sebagai sumber energi pada umumnya mengandung karbohidrat, semisal padi, ketela, gandum, tepung, dll. Jenis makanan tersebut satu dengan yang lainnya bisa saling menggantikan. Apabila kita tidak bisa makan nasi, maka bisa diganti dengan roti.
Jenis makanan sebagai sumber pengatur umumnya terdapat pada sayur-sayuran dan buah. Sedangkan kebutuhan jenis makanan sebagai sumber pembangun dapat dipenuhi dari jenis makanan yang berbau hewani maupun kacang-kacangan.
Namun untuk memperoleh kebutuhan gizi secara maksimal, maka sebaiknya kita mencari menu makanan yang lebih variatif. Sehingga tubuh kita dapat terpenuhi dari berbagai macam sumber makanan sehat. Hindari pula untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat yang umumnya sering dijajakan di kaki lima. Kepedulian masyarakat terhadap makanan sehat masih rendah, banyak kita lihat mereka makan dengan enak di tepian jalan walaupun bercampur dengan debu ataupun sering kita lihat di mall bagaimana masyarakat sangat antusias terhadap makanan cepat saji jenis junk food, burger, maupun pizza yang dibilang sebagai makanan modern namun dibalik itu semua dapat merugikan tubuh. Pilihlah menu makanan sehat yang akan membawa kebaikan pada hidup dan mampu meningkatkan kekuatan kita dalam beraktivitas.
Begitu juga dalam hal menerima makanan, normalnya tubuh kita perlu makan setiap 4 jam sekali untuk menjaga agar metabolisme tetap stabil.
Jika dalam berdiet Anda hanya makan 1 kali saja , maka tubuh akan bereaksi dengan menurunkan tingkat metabolisme Anda yang mengakibatkan melambatnya pembakaran lemak tubuh, kemudian tubuh akan aktif dalam survival mode ( mode bertahan hidup ) menyimpan semua makanan yang masuk sebagai lemak untuk mempertebal cadangan energi.
Inilah yang mengakibatkan mengapa orang yang hanya makan 1 kali sehari dgn tujuan menurunkan berat badan mendapati berat badannya tetap stabil bahkan bisa bertambah.
Bagaimana best diet plans 500 kalori bisa efektif untuk menurunkan berat badan..?
Setiap hari rata-rata kita memerlukan 1500 sampai 2000 kalori ( tergantung dari usia dan aktifitas ) untuk bisa beraktifitas secara normal. Untuk menurunkan berat badan secara sehat, maksimal jumlah kalori yang bisa dikurangi hanya sampai 500 kalori saja.
Sering kali banyak orang tidak mengerti dimana rasa sakit yang mereka derita dan dari mana pula penyakit mereka berasal. Jika mereka tahu, mereka pun akan segera melakukan pengobatan kendati hasilnya belum tentu dapat dipastikan keampuhannya. Padahal, telah banyak dibuktikan bahwa masalah kesehatan dan kurangnya stabilitas tubuh disebabkan oleh kurangnya kadar alkalin terionisasi dalam tubuh sehingga solusinya adalah mengkonsumsi makanan beralkalin disertai dengan minuman beralkalin. Kendati makanan yang mengandung alkalin sangat membantu, mengkonsumsi air alkalin masih merupakan cara yang paling mudah dan tepat untuk memulihkan dan mempertahankan tubuh yang sehat karena tubuh manusia terdiri dari 75% kandungan air. LANJUT KE BAB III PENUTUP >>>

MAKALAH MAKANAN SEMOGA BERMANFAAT

_________________________________________________________________________________ 
contoh makalah, contoh makalah lengkap, makalah lengkap, contoh makalah mahasiswa, makalah pendidikan, contoh makalah pendidikan, daftar pustaka makalah, contoh kata pengantar makalah, makalah, buat makalah, cara membuat makalah, contoh makalah, download contoh makalah, download makalah lengkap, contoh kesimpulan makalah

  

0 komentar:

Post a Comment